Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESESI KARENA KETINGGIAN ILMU

Indonesia secara umum memang sudah resesi sejak di berlakukannya PSBB dimana masyarakat di bottom of pyramid sudah tidak punya “income” lagi karena selama 3 bulan tidak bisa bergerak banyak terutama mereka yang berbasis pendapatan harian.

Pendapatan harian adalah mereka yang berjualan retail di wilayah perkotaan.
Mardigu wowiek

Strategi nasional memberikan bansos pakai duit pinjaman ini yang jadi banyak perdebatanya. Fokus "create demand" nya tidak salah kalau supply nya memang lokal produsen. Tetapi faktanya supply dari produksi lokal sejak 3 tahun terus merosot.

Sehingga logika create demand dalam solusi bansos berbasis UANG PINJAMAN merupakan solusi yang tidak keren. Pemikiran dunianya seakan saat ini masih dalam keadaaan normal itu yang ada di otak banyak pejabat.

Sampai sekarang sudah perang begini, masih aja belum keluar paradigma team ekonominya dari berfikir ini masih dalam keadaan normal, atau memang ilmunya tingkat dewa sangat tinggi sehingga masa perang ini ngak kebaca masalahnya dan solusinya karena ilmunya sudah dilangit tinggi.

Boss, saat ini perang. Itu virus corona masuk dalam biological warfare.

Penangannya perang ya perang, survival of the nation mode yang dipakai. Ngerti ngak sih “survival of the nation mode”?

Langkahnya bukan pemadam kebakaran. Waduh bagaimana sih mau nolong negara kok susah benar ngertinya.

Gini deh, sekarang kita masuk ke masa awal resesi, kalau dalam difinisi resesi versi NBER national bereau for economic research kalau 2 kwartal berturut turut mengalami pertumbuhan minus maka kita menjadi resesi.

Kita tahu kuartal pertama mulai bergerak turun, januari-maret dan ini belum deklarasi masalah covid, lalu april – juli kuartal kedua kita minus, kuartal ketiga juli – september bagaimana?

Masih inget mengapa saya sejak beberapa bulan yang lalu mengatakan, september. Ada apa dengan september?

Oktober di umumkan kira kira mengumumkan apa? INDONESIA RESESI.

Solusinya supaya ngak resesi bagaimana? Khan sudah berkali kali di bilang, ganti pemain, secara total. Pemain cadangan masukan!!!!

Kalau masukannya nanti oktober atau setahun kabinet dua ini berkerja, wis kasep, sudah telat!!!

Pasti 2021 1 semester akan terus merosot melambat terus ekonominya.

Kebanggaan surplus perdagangan bagaimana kalau kita buka, biar faham bahwa data tidak salah tetapi data bisa DILAPORKAN DENGAN CARA BERBEDA agar hasilnya terlihat bagus.

Begini melihatnya perdagangan surplus kali ini. Iya surplus, itu karena import menuurun dratis!!!

Sementara kita tahu, import indonesia 70% adalah bahan baku produksi. Kalau bahan baku produksi menurun tajam, artinya indonesia tidak bagus produksinya.

Artinya apa? Bulan bulan kedepan, ekonomi nambah turun karena indikasi impor tadi. Tetapi BIAR DI BILANG TERLIHAT KEREN, makanya datanya di infokan sepotong walaupun benar. Yaitu, indonesia surplus transaksinya!!!!

Pinter ya? Ya pinter lah, doktor S3 yang melaporkan.

Lalu di tambah lagi ketegangan laut natuna utara, maaf saya lebih memilih laut natunba utara ketimbang laut china selatan. Karena memang NAMA tadi atau ISTILAH tadi yang di klaim oleh tiongkok sebagai TRADITIONAL FISHING GROUND china sejak ribuan tahun yang lalu yang harusnya kalau kita berani dan bernyali kita mengatakan, hei jiancuk kon tiongkok, sejak ribuan tahun yang lalu tempat itu sudah jadi tradisonal fishing ground kami orang natuna!!!

200 mile laut utara natuna laut kami cuk!!!


Ketegangan laut natuna utara sisi utara yang dianggap biasa saja oleh kita, jadi tidak terasa dan tidak memperhitungkanb banyak langkah langkah diplomasi catur, atau malah ngajak damai. Ini lucu, damai di negara yang dua duanya perlu perang, kok ngak nyandak ngelihatnya. Asli lucu.

Boss, mereka berdua memang mau perang, tapi perang ala mereka. Yo mikir dikit lah wahai pejabat pejabat, jangan polos polos banget bernegara itu.

Xi jing ping itu punya kartu truf biden. Biden dan anaknya itu pendosa yang kartu nya sudah di pegang xi jing ping.

Ok, kita ajari pakai bahasa vulgar sekalian.


Begini misalnya, ada pejabat, pas lagi kunjungan keluar negeri, malamnya di kasih cewe bahenol seksi, syawat di lampiaskan. Lalu pihak tuan rumah rekam semua adegan ranjang tadi secara rahasia.

Lalu beberapa tahun kemudian, di bocorin dikit, eh inget ngaak adegan ini kepejabat tadi. Langsung itu pejabat bagai kerbau di cucuk hidungnya, nurut sama bohirnya sudah. Mati aja lkuh kalau begitu!!!!

Pejabat di banyak negara yang nerima suap tiongkok, itu ada lebih di 70 negara di dunia ini, dan lengkap dokumenya pihal tiongkok punya. Kapanpun mereka pakai, BISA!!!!

Disisi biden sama persis. Sehingga, xi jing ping akan bilang sama Trump, lu mau jadi presiden lagi? Hua wei 5G china yang control ya? Gw beli gandum sama kedele lu ya september oktober biar dapat dukungan dari para petani yang merupakan 20% suara rakyat bawah amerika.

Kemudian persis seperti rusia siram data 1 malam sebelum pilpress 2016 tentang DOSA HILLARY email email negara yang masuk ke ranah pribadi madam secretary!!! Bubar langsung kepercayaan terhadap hillary, trump menang.

Apa trump nolak tawaran seperti itu? Pasti di sambut baik, dan perang dagang untuk sementara posisinya DRAW sama kuat, trump presiden lagi.

Mungkinkan dengan strategi begini, ternyata biden tetap menang, lalu tiongkok bagaimana? Oh ada langkah tiongkok, yang tetap bikin joe biden ngak bisa apa-apa!! Malah negara lain kejepit efeknya. Tahu khan langkah biden dan tiongkok apa? Terus indonesia bagaimana? #peace