Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Cara menonaktifkan akun instagram - Bisa dibilang, Instagram menjadi salah satu aplikasi paling populer belakangan ini. Aplikasi yang masih satu perusahaan dengan Facebook ini memungkinkan semua orang untuk bisa membagikan foto aktivitas mereka sehari-hari kepada orang lain dengan mudah. Namun, ada kalanya aktivitas berbagi dan scrolling foto yang dilakukan setiap hari berubah menjadi sebuah kebosanan.

cara menonaktifkan akun instagram sementara

Selain itu, ada kalanya juga akun instagram Anda disalahgunakan oleh orang lain hingga membuat Anda merasa tidak nyaman. Jika 2 hal tersebut terjadi pada Anda, maka ada 2 pilihan yaitu menonaktifkan atau menghapus akun instagram. Jika Anda menonaktifkan akun instagram, maka suatu saat Anda masih bisa membuka akun Anda lagi. Namun jika Anda menghapus akun instagram, maka akun Anda bisa dianggap hilang selamanya. 

Nah, terkait hal diatas, pada kesempatan ini kami akan membagikan panduan cara menonaktifkan akun instagram. Penasaran?

Pertimbangan Menonaktifkan Akun Instagram 

Kadang kala memang Instagram yang tampak menarik karena banyak foto dan berita yang bisa diikuti oleh para penggunanya terlihat membosankan, terlebih lagi jika kegiatan ini dilakukan setiap hari. Anda pun perlahan akan mulai bosan dengan berbagai kabar berita yang dibagikan di Instagram. 

Selain itu, ada pula beberapa orang yang menganggap aplikasi Instagram terlalu banyak memakan space memori smartphone mereka. Akibatnya tentu saja smartphone menjadi lambat, bahkan kadang berujung hank/error. Kondisi ini bisa terjadi karena aplikasi Instagram sendiri berukuran lebih dari 30 MB dan tentu saja bisa membebani memori internal dan RAM smartphone Anda.

Selain itu, ada juga sebagian orang yang menganggap bahwa membuka Instagram ternyata bisa menghabiskan kuota internet yang cukup besar. Tentunya, pengeluaran Anda untuk membeli kuota internet pun akan membengkak. Jadi menonaktifkan akun instagram adalah salah satu solusi tepat untuk menghemat kuota. 

Namun, ada banyak kasus dimana banyak kenangan sehari-hari yang disimpan di aplikasi Instagram. Kenangan berupa foto-foto ini biasanya sangat sayang jika harus dihapus secara permanen. Oleh karena itu, dengan menonaktifkan akun Instagram, maka kapanpun Anda ingin kembali melihat foto-foto kenangan penting tersebut, Anda tinggal mengaktifkan kembali akun Anda. 

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Jika Anda memutuskan untuk menonaktifkan sementara akun Instagram Anda, maka fitur seperti profil pengguna, koleksi foto, komentar, dan suka/like  akan disembunyikan secara otomatis dari pengguna lainnya. Semua fitur tersebut baru akan aktif kembali dan bisa dilihat oleh pengguna lainnya saat Anda kembali mengaktifkan akun Instagram Anda. Untuk menutup akun Instagram Anda, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

1. Masuklah ke laman https://www.instagram.com melalui browser seluler (di hp) atau komputer Anda. Sebagai catatan, Anda tidak bisa menonaktifkan akun Instagram melalui aplikasi smartphone-nya. 

2. Setelah masuk ke halaman awal, jika Anda belum masuk ke akun Instagram Anda, maka Anda harus login terlebih dulu dengan mengisikan nomor telefon atau email yang terhubung dengan Instagram dan passwordnya. Jika akun Anda terhubung dengan facebook, maka Anda juga bisa menggunakan pilihan “ Log In with Facebook” di bagian atas. 

3. Setelah masuk pada halaman muka/beranda Instagram, kemudian klik ikon “Profile” dengan lambang siluet kepala di bagian pojok kanan bawah. 

4. Setelah masuk pada halaman Profile Anda, maka di bagian atas dekat dengan foto profile Instagram Anda akan menemukan menu “Edit Profile”. Klik menu “Edit Profil” tersebut.

cara menonaktifkan akun instagram sementara

5. Lakukan scrolling hingga bagian paling bawah dan Anda menemukan tombol “Submit” berwarna biru. Tepat di bagian kanan tombol tersebut, terdapat opsi “Temporarily disable my account” yang berfungsi untuk menonaktifkan akun Instagram Anda sementara. Klik opsi “Temporarily disable my account” tersebut.

cara menonaktifkan akun instagram sementara

6. Jika Anda sudah masuk pada pilihan tersebut, maka Instagram akan menyajikan pertanyaan “Why are you disabling your account?” yang mengapa Anda ingin menonaktifkan akun Anda? Untuk memberikan jawaban, Anda cukup melakukan scrolling pada drop down list yang disediakan oleh Instagram. Klik salah satu jawaban sesuai keinginan Anda.

cara menonaktifkan akun instagram sementara

7. Pada setiap opsi jawaban yang telah Anda berikan, Instagram akan mencoba memberikan saran atau tautan untuk memperbaiki pengalaman Anda menggunakan Instagram. Biasanya saran berupa mengubah opsi privasi, memblokir pengguna lain, mengatur siapa saja yang bisa melihat postingan Anda, dan sebagainya. 

8. Karena niat Anda sudah bulat, maka Anda tinggal melakukan scrolling hingga ke bagian paling bawah halaman dan melewati tawaran tersebut. 

9. Pada bagian kolom selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kembali password Instagram Anda (kolom “To continue, please re-enter your password”). 

10. Masukkan password dengan benar pada kolom tersebut. 

11. Kemudian langkah terakhirnya, klik ikon kotak berwarna biru dengan tulisan “Temporarily Disable Account”.

Setelah sampai pada langkah tersebut, maka Anda akan secara otomatis logout dari akun Instagram. Akun Anda tidak akan bisa ditemukan oleh orang lain, baik melalui mesin penelusuran Instagram ataupun internet lainnya. 

Satu hal yang harus Anda pahami adalah bahwa akun Instagram Anda hanya bisa dinonaktifkan sekali dalam satu minggu. Jika dalam waktu satu minggu Anda kemudian mengaktifkan kembali akun Instagram tersebut, maka Anda tidak bisa langsung menonaktifkannya kembali. 

Jika Anda ingin mengaktifkan akun Instagram Anda kembali, maka Anda tinggal masuk ke halaman instagram.com melalui browser ataupun melalui aplikasi smartphone. Kemudian Anda tinggal melakukan login seperti biasa dengan memasukkan nomor telefon atau alamat email dan password Instagram Anda. 

Itulah panduan cara menonaktifkan akun Instagram yang bisa Anda terapkan sendiri dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.