Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Membuka Instagram yang Lupa Password dan Email

Saat kita mendaftar untuk akun Instagram, biasanya kita akan diminta untuk memasukkan alamat email dan juga membuat password demi keamanan akun Anda. Namun ada kalanya setelah sekian lama, Anda jadi lupa dengan alamat email dan password yang digunakan untuk mendaftar Instagram tersebut. Atau, Anda pun lupa dengan password email dan tidak bisa lagi membuka email tersebut. Padahal jika lupa password, maka biasanya link tautan untuk mereset password lama akan diberikan melalui emal.

Cara Membuka Instagram yang Lupa Password dan Email

Nah, jika Anda tidak bisa masuk akun Instagram karena permasalahan lupa password dan emailnya, sebenarnya masih ada cara untuk mengatasinya. Meskipun sedikit rumit, namun cara membuka Instagram yang lupa password dan email berikut ini mungkin akan berhasil Anda coba.

Gunakan Nomor Telefon

Jika Anda sebelumnya telah menggunakan fitur otentifikasi 2 langkah di Instagram yaitu dengan memasukkan alamat email dan nomor handphone, maka Anda bisa memanfaatkan opsi ini. Anda bisa mereset password Instagram dengan nomor telefon Anda. Namun, Anda hanya bisa memilih opsi cara membuka instagram yang lupa password dan email dengan menggunakan nomor telefon ini hanya jika nomor tersebut masih aktif.

Langkah-langkah yang harus Anda ikuti diantaranya adalah:

1. Masuklah ke aplikasi Instagram di smartphone atau bisa juga melalui laman www.instagram.com pada browser.

2. Setelah Anda masuk pada halaman login Instagram, maka klik link di bagian bawah tombol “Masuk” dengan tulisan “Dapatkan bantuan untuk masuk”.

3. Setelah masuk pada laman bantuan tersebut, maka akan ada pilihan “Akses akun Anda”. Terdapat 3 pilihan yaitu dengan menggunakan alamat email, kirim sebuah sms, dan masuk menggunakan facebook.

4. Karena Anda akan memanfaatkan nomor handphone, maka pilih opsi “Kirim sebuah SMS”.

5. Setelah itu, masukkan nomor handphone Anda dengan benar. Instagram kemudian akan memberikan peringatan verifikasi. Klik “OK” jika Anda sudah yakin nomor handphone yang dimasukkan telah benar.

6. Setelah beberapa saat, Anda akan mendapatkan SMS dari Instagram yang berisi link untuk mereset password.

7. Klik link tersebut dan Anda akan langsung diarahkan pada laman reset password Instagram.

8. Masukkan kata sandi baru beberapa kali sesuai yang diinstruksikan pada halaman tersebut.

9. Setelah semua kolom password diisi dengan sesuai/sama, maka Anda akan langsung diarahkan pada akun Instagram yang sebelumnya tidak bisa dibuka.

10. Ingatlah untuk mencatat password baru Anda agar tidak lupa di kemudian hari.

Kata Sandi Mungkin Tersimpan di Google Chrome

Jika Anda terbiasa membuka Instagram melalui aplikasi Google Chrome, maka masih ada kemungkinan alamat email dan password lama Anda masih bisa diketahui melalui aplikasi tersebut. Jika Anda terbiasa menekan opsi “Ya” ketika Chrome menanyakan akan menyimpan password sebuah situs, maka secara otomatis informasi password dan alamat email tersebut akan disimpan di Google Chrome.

Untuk bisa mengetahuinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Google Chrome.

2. Kemudian klik menu “Setting/Setelan”.

3. Klik menu “Sandi/Password”.

4. Pada halaman tersebut, kemudian akan ditampilkan berbagai macam username/alamat email beserta password dari akun-akun Anda.

5. Pilih informasi situs Instagram dan kemudian klik ikon bentuk mata (perlihatkan sandi). Maka Anda akan menemukan kembali alamat email dan password Instagram yang sempat tak diingat.

Masuk Melalui Akun Facebook

Karena Instagram dan Facebook ini berasal dari satu perusahaan, maka ada fitur untuk menautkan kedua akun media sosial tersebut. Jika akun Instagram Anda sebelumnya telah terhubung dengan facebook, maka Anda masih bisa masuk akun tersebut meskipun tidak ingat dengan alamat email ataupun password facebook Anda.

Namun, cara membuka Instagram yang lupa password dan email melalui facebook ini hanya bisa Anda lakukan jika Anda masih ingat dengan alamat email/nomor telefon dan password facebook Anda. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan jika Anda masih berada dalam kondisi login di aplikasi atau laman facebook.

Untuk bisa masuk kembali ke Instagram melalui facebook, ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti yaitu:

1. Masuk ke aplikasi instagram atau bisa juga melalui halaman www.instagram.com di browser Anda.

2. Setelah berada di halaman login, klik link berwarna biru dengan keterangan “Masuk dengan Facebook”.

3. Setelah itu, pada halaman konfirmasi masuk klik ikon kotak biru bertuliskan “Lanjutkan”.

4. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman login facebook.

5. Masukkan alamat email atau nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar facebook beserta password facebook Anda. kemudian klik “Masuk”.

6. Jika dua informasi itu sudah benar, maka Anda akan langsung diarahkan ke halaman beranda Instagram.

Cara Mengubah Password Setelah Berhasil Masuk Kembali ke Instagram
Jika dengan memanfaatkan nomor handphone atau akun facebook Anda kemudian berhasil masuk kembali ke akun Instagram, maka kini saatnya Anda harus mengubah password Instagram dengan yang baru dan mudah diingat. Langkah ini akan memudahkan Anda untuk login Instagram di kemudian hari.

Untuk mengubah password lama dengan yang baru, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Masuklah ke menu profil dengan klik ikon foto Anda di bagian pojok kanan bawah layar.

2. Klik ikon dengan lambang 3 titik/garis di bagian pojok kanan atas layar.

3. Kemudian pilih menu “Pengaturan”.

4. Scroll terus hingga menemukan opsi “Kata Sandi”, kemudian klik opsi tersebut.

5. Saat sudah masuk ke opsi ini, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru sebanyak 2 kali.
6. Anda juga bisa mengubah password dengan opsi “Atur ulang dengan Facebook”.

7. Anda akan diminta sekali lagi untuk login akun facebook Anda.

8. Setelah itu, Anda bisa mengubah password lama dengan yang baru dan mudah diingat.

Itulah informasi cara membuka Instagram yang lupa password dan email secara mudah dan tanpa menggunakan bantuan aplikasi rumit lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.