Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata di Pulau Bawean dengan Spot Terbaik Sepanjang Masa

Tempat wisata di pulau bawean - Mungkin selama ini yang Anda ketahui hanyalah Kepulauan Gili yang ada di lombok. Tapi tahukah anda jikalau di pulau bawean juga ada tempat wisata yang bernama pulau gili juga.

Kalau ingin mencari tempat liburan favorit lain, selain di gresik, lamongan / surabaya, maka pulau bawean adalah sebuah destinasi tak terduga yang layak untuk diperhitungkan. Terutama bagi warga gresik yang wajip tau, masak wilayahnya sendiri kagak tau sih, hee.
Tempat Wisata di Pulau Bawean dengan Spot Terbaik Sepanjang Masa
Ya wajar aja sih pulau ini kan memang agak jauh dari gesik jaraknya aja sekitar 115 mil dari pelabuhan gresik. Jika kalian kesana tentu harus naik kapal fery atau jika ingin lebih cepat bisa naik kapal cepatnya yang terbuat dari fiber seperti exxpres bahari.

Jika kalian naik kapal cepat ya tentu harga tiketnya akan sedikit lebih mahal. Masyarakat pulau bawean mayoritas beragama islam pulau ini terbagi menjadi 2 kecamatan yaitu kec sangkapura dan kec tambak. Pulau ini juga mendapatkan julukan p putri karena mayoritas yang tinggal disini adalah kaum hawa.
terus kaum adamnya pada kemana semua loh? ya kaum laki lakinya kebanyakan merantau ke luar gaes... jadi dominan warganya wanita.

Tetapi itu salah kapra gaes... faktanya ialah dulu ada keluarga kerjaan campa yang berlayar ke jawa, namun di tengah pelayaranya putrinya mendadak terserang penyakit kemudian diputuskanlah untuk singgah di pulau bawean. Singkat cerita sang putri tersebut meninggal di sana dan makam tersebut bisa di temukan di desa kumalasa. dan makam tersebut sampai sekarang dikenal sebagai makam jujuk campa. Lah untuk menghormati putri raja yang meninggal itu pulau ini di sebut pulau putri. Jadi jika ada orang menyebut pulau putri pasti pulau bawean.
Ok langsung saja inilah destinasi tempat wisata di bawean spot liburan terbaik sepanjang masa.

Tujuan Tempat wisata di pulau bawean Terbaik sepanjang Masa


Pantai Ria

Di pulai bawean Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai pantai lain yang ada di bawean,
Mengapa?
pantai ria bawean
fo by ig: gresik touristm
Karena pantai ini merupakan persinggahan para nelayan ketika pulang mencari ikan sehingga kalian bisa melihat perahu - perhu kecil dan batu batu karang yang ada di pinggir pantai

Air Terjun Laccar
Air Terjun Laccar
ig foto by: gresik apik

Jangan salah gaes jangan kira disini wisatanya cuman pantai. Di pulau wawean juga ada tempat wisata air terjun yang bernama air terjun laccar. Kalian bisa liburan sekaligus menghilangkan stres ketika mandi di sini, karena sifat air adalah netral jadi pasti pikiran kalin bisa netral kembali atau fress. Ketinggian air terjun ini sekitar 20 meter dan untuk bisa sampai ke lokasi ini para pelancong harus berjalan kaki sekitar 1 km

Danau Kastoba

Danau Kastoba adalah danau yang terletak di tengah-tengah pulau Bawean. Destinasi ini sangat mempesona dan alami sangat membantu menghilangkan penat dan stres stres yang menumpuk.
Danau Kastoba
fo by: rusa bwean
Untuk bisa sampai ke lokasi ini sobat harus berjalan kaki sekitar 500 meter tetapi jika sudah sampai terbayar dengan pemandanganya. Ada mitos juga dari warga sini jikalau wanita lagi haid dilarang masuk kesini agar tidak sial katanya.

Tanjung Gaang

Tur berikutnya di pulau Bawean Gresik yang wajip sobat kunjungi adalah Tanjung Gaang. Lokasi destinasi ini terbentuk dari batu batuan karang yang berada di laut beserta air yang jernih kebiruan.
Tanjung Gaang
Pelancong dapat menikmati liburan di pantai Tanjung Gaang dengan menyewa kelotok pada nelayan dan menyusurinya.


Wisata Pulau Gili Bawean

Tujuan pariwisata berikutnya di bawean island adalah: wisata pulau Gili Bawean. Bukan gili trawangan yah. Pulau Gili mereupakan pulau yang memiliki pasir putih dan sangat bersih dari sampah.
Wisata Pulau Gili Bawean
Selain itu, pengunjung dapat berjalan jalan memanjakan mata dan kaki mereka dengan melihat sunset dan sunrise yang menakjubkan di tempat ini, sangat disarankan tidak memakai sendal jika ingin berjalan di pasir pantai. bagi penggemar kuliner wajib coba juga ikan bakar segar yang baru saja di tangkap oleh nelayan sini.

Pulau Noko

Selain pulau Gili, salah satu objek wisata juga bisa jadi tempat rekreasi dan bertamasya di pulau Bawean adalah pulau Noko. Pulau ini terletak di seberang pulau Gili loh gaes jadi sekalian aja kalao kesini.
Pulau Noko
Dataran pulau noko di selimuti oleh pasir putih yang bersih, sobat nafiah juga bisa snorkling melihat lihat pemandangan bawah laut beserta eko sistemya.

Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar ini kalau menurut saya seperti gosong hee? mungkin kalian belum tau apa itu gosong?
Pulau Noko selayar
Gosong adalah dataran pasir di tengah laut namun jikalau air pasang dataran tersebut bisa tenggelam tapi di sini meskipun air pasang tidak tenggelam.
di lokasi ini akan disuguhkan pemandangan air laut yang jernih sampai sampai bisa melihat dasarnya dan hamparan pasir putih.

Pantai Kuburan Panjang
Pantai Kuburan Panjang

HMM kalo ini pantai ini memang sangat berbeda dengan pantai lainya karena di lokasi ini terdapat makam panjang yang di percayai oleh penduduk lokal bahwa makam tersebut adalah makam pengawal aji saka. hal inilah yang membuat di keramatkan oleh penduduk asli sini .

Penangkaran Rusa Bawean
Penangkaran Rusa Bawean

Tidak pass atau kurang lengkap istilahnya jikalau jalan jalan ke bawean tidak mampir ke penangkaran rusa ini. Rusa ini adalah jenis rusa langka yang hampir punah. Luas penangkaran rusa ini seluas 4Hektar.

Sebenernya ada banyak lagi tempat wisata di bawean namun tidak saya masukkan ke daftar seperti pemandian air panas kepuh legundi dan pantai mayang kara kenapa gak saya rekomendasikan karena spot viewnya kurang bagus dan pengelolahanya masih kurang. Kita datang jauh jauh kan mau cari yang tak ada kalo viewnya biasa aja ngapain kita datangi, Ia kan gaes...

Akses Menuju Pulau Bawean

Sobat nafiah bisa memilih mau pakai kapal cepat atau kapal feri. Setiap hari ada kok. Jika kalian mau naik kapal cepat bisa pilih bahari exxpress  Berikut adalah daftar harga tiket kapal menuju ke tempat wisata bawean:

1. Kapal Bahari Ekspress 8E
Jadwal Keberangkatan :
Gresik – Bawean: Selasa, Kamis, Minggu
Bawean – Gresik: Sabtu, Senin, Rabu
Kapal berangkat pukul 09:00
Lama perjalanan 3-4 jam
Harga Tiket:– Eksekutif: Rp. 146.500,00
Harga VIP: Rp. 162.500,00

2. Kapal Gili Iyang
Jadwal Keberangkatan
Gresik – Bawean: Jumat pukul 21:00
Paciran – Bawean: Rabu dan Minggu pukul 21:00
Bawean – Gresik: Jumat pukul 09:00
Bawean – Paciran: Sabtu dan Senin pukul 21:00
Lama perjalanan antara 8-10 jam.
Harga Tiket:
– Dewasa: Rp. 76.000,00
– Anak-anak: Rp. 59.000,00
– 1 penumpang + Motor: Rp. 95.000,00

3. Natuna Ekspres
Jadwal Keberangkatan
Gresik – Bawean: Senin, Rabu, Sabtu
Bawean – Gresik: Selasa, Kamis, Minggu
Kapal berangkat tiap pukul 09:00.
Lama perjalanan 3-4 jam.
Harga Tiket :
VIP: Rp. 162.500,00
Eksekutif: Rp. 146.500,00

SAmpai di sini saja ya sobat semoga artikil ini bisa membantu kalian yang ingin liburan ke tempat wisata di bawean.
Sehat selalu hati hati saat bepergian dan ingat jangan rusak tempat wisata dengan membuang sampah sembarangan