Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata Populer di Banjarmasin yang Wajib di Kunjungi.


Banjarmasin memiliki julukan kota seribu sungai, Karena memang Ibu Kota provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki banyak sekali sungai, seperti Sungai Barito, Sungai Martapura, Sungai Kuin dan masih banyak lagi sungai-sungai lainnya.

Wach, Pastinya seru dong kalau berlibur ke Banjarmasin dan mengunjungi tempat wisata dengan mengarungi sungai, Karena salah satu tempat wisata yang terkenal di Banjarmasin adalah pasar terapung.
Tapi, masih banyak tempat wisata di Banjarmasin yang wajib kalian kunjungi jika berlibur ke Banjarmasin.
Berikut tempat wisata di Banjarmasin :

1. Pasar Terapung.

Tempat wisata pertama yang wajib kalian kunjungi adalah pasar terapung, sebenarnya di Banjarmasin ada beberapa pasar terapung di berbagai sungai, salah satunya yang terkenal yaitu yang ada di Sungai Barito, tepatnya di Jl. Kuin Utara, kel. Kuin Selatan, Kec. Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Pasar Terapung ini adalah pasar tradisional yang sudah bertahan sejat ratusan tahun silam. Anda bisa menemukan berbagai hasil pertanian, makanan dan bahkan pakaian. untuk bisa menikmati berbelanja di pasar terapung anda harus datang pagi hari karena pasar ini buka pada jam 05.00 - 08.00. Anda juga bisa berfoto-foto untuk mengabadikan momen liburan yang seru di pasar terapung ini.

2. Pulau Kembang.

Tempat kedua yang wajib di kunjungi adalah pulau kembang, pulau ini terletak di tengah-tengah sungai barito. Jadi untuk bisa ke pulau ini kalian bisa naik perahu. Pulau kembang merupakan tempat habitat monyet dan beberapa jenis burung, di pulau ini terdapat seekor monyet besar yang merupakan raja monyet.
Nah, saat berada di pulau ini harus berhati-hati terutama dengan barang bawaan anda, karena terkadang monyet-monyet di pulau ini merasa penasaran dengan apa saja yang anda bawa. Di pulau ini juga terdapat sebuah kuil dan altar berbentuk monyet putih.

3. Taman Maskot Banjarmasin.

Tempat ketiga yang harus kalian kunjungi adalah taman maskot kota banjarmasin. Terdapat dua maskot di taman ini yaitu Bekantan atau monyet besar dan Pohon Kasturi. Kalian bisa berfoto selfie di samping maskot bekantan ini sebagai tandan bahwa kalian pernah berkunjung dan berlibur di Kota Banjarmasin.
Taman Maskot ini juga di lengkapi dengan fasilitas umum seperti musholla, toilet, bangku taman, warung makan, area bermain anak dan masih banyak lagi.

4. Jembatan Barito.

Tempat wisata ke empat yaitu jembatan barito. Jembatan Barito juga merupakan tempat yang menarik untuk di kunjungi, terlebih lagi jika kalian datang pada saat sore hari. kalian bisa berfoto dengan pemandangan sunset yang sangat indah.
Dari atas jembatan ini pun kalian bisa melihat kapal yang menarik tongkang batubara dari tambang menuju muara taboneo.

5. Taman Siring Sungai Martapura.

Tempat wisata yang kelima adalah tempat nongkrong bagi anak muda yang selalu ramai pada sore hari, Taman Siring Sungai Martapura ini menjadi tempat asik para kaum milenial untuk nongkrong.
Di tempat ini kalian bisa menikmati waktu sore sambil melihat anak muda beraktifitas, karena di taman ini biasanya banyak anak muda yang bermain skateboard dan main sepeda, ada juga yang memancing di area ini.

6. Masjid Sabilal Muhtadin.

Nah, untuk tempat wisata ke enam kalian bisa mengunjungi Masjid Sabilal Muhtadin. Masjid ini merupakan masjid terbesar di kota Banjarmasin yang mampu menampung jamaah sebanyak 15.000 orang, Masjid Sabilal Muhtadin juga memiliki 5 menara yang menambah kemegahan dari masjid ini.
Masjid Sabilal Muhtadin adalah tempat wisata religi yang wajib kalian kunjungi jika berlibur ke Kota Banjarmasin, Masjid ini berada di tepi barat sungai martapura atau tepatnya di kelurahan Antasan Besar, Banjarmasin Tengah.

7. Danau Caramin.

Tempat wisata ke tujuh adalah Danau Caramin.Yah, di Banjarmasin pun terdapat juga Danau yang sangat cantik. Danau ini merupakan bekas tambang pasir yang cukup luas. Di danau ini kalian bisa berfoto ria di aneka spot instagramable yang telah di sediakan di tempat wisata ini.
Di Danau ini pun kalian juga bisa berkeliling danau dengan perahu tradisional atau perahu kelotok.

Seru sekali bukan menikmati pesona alam Borneo di Banjarmasin? Oleh karena itu, liburan jangan cuma ke kota yang itu-itu saja. Sudah saatnya untuk berlibur ke tempat baru. Nah, Banjarmasin bisa jadi salah satu kota yang kamu jadikan tujuan liburanmu selanjutnya.